Cantiknya Desa Wabula, Buton-Sulawesi Tenggara

DI Buton, ada sebuah desa cantik di tepi pantai yang lokasinya cukup jauh dari perkotaan. Namun, keindahannya pasti membuat siapa saja ingin datang dan meninggalkan sejenak suasana kota yang ramai.

Desa tersebut adalah Desa Wabula. Seperti umumnya desa-desa di tepi pantai, desa ini dihuni 3.000 penduduk yang tinggal di rumah-rumah panggung. Hanya jalan utama desa yang diaspal, selebihnya kaki Anda akan menginjak pasir putih yang lembut.

Rumah-rumah panggung berjejer begitu rapi di tepi pantai. Lingkungan sekitar rumah bersih dari sampah, membuatnya sedap dipandang. Pantainya pun begitu bersih tanpa limbah sedikitpun.

Penduduk Desa Wabula bermata pencaharian sebagai nelayan. Sementara, para perempuannya memiliki usaha mandiri menenun kain Buton. Setiap hari, perempuan-perempuan desa menenun selama 5-6 jam, di bagian bawah rumah panggung mereka.

Tradisi menenun kain Buton ini mereka turunkan kepada anak perempuannya. Bahkan, di sekolah diajarkan menenun, dalam mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok).

Pantai di Desa Wabula pun unik. Siang hari, garis air di bibir pantai berjarak sekira 20 meter dari rumah-rumah. Namun menjelang sore, garis pantai akan surut hingga 50 meter dari rumah-rumah tersebut.

Desa Wabula berjarak cukup jauh dari kota terdekat, yaitu Pasarwajo. Anda harus berkendara selama sekira satu jam. Jangan harap bisa menggunakan ponsel di desa ini, karena saat tiba sinyal ponsel akan sulit didapatkan. Namun tak masalah, keindahan Desa Wabula pasti membuat Anda ingin lepas sejenak dari gadget kesayangan.


Sumber & Foto :Mutya/Okezone

0 comments: