Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah - Maluku

A. Selayang Pandang
Pantai landai dan lebar  ini dikenal sejak abad ketujuh belas, digunakan sebagai tempat berlibur para  penjajah Belanda. Saat ini di setiap akhir pekan, Pantai Natsepa selalu ramai  pengunjung, khususnya warga kota Ambon. Tujuan mereka ke Natsepa antara lain untuk berenang,  naik perahu yang bisa disewa per-jam, atau sekadar melepas lelah dengan  menikmati pemandangan alamnya. Ada  juga yang datang untuk sekadar menikmati segarnya kelapa muda, makan pisang goreng,  jagung rebus, wajik atau rujak khas Pantai Natsepa.

B. Keistimewaan

Pada hari-hari tertentu pemandangan sekitar pantai yang landai ini sangatlah indah,  antara lain karena sekitar 12 meter dari bibir pantai Natsepa sering melintas kapal-kapal besar pengangkut kayu gelondongan dari Batu Gong, sebuah tempat  pengolahan tripleks di pulau yang tampak di seberang Pantai Natsepa. Para wisatawan juga dapat mandi di pantai yang berombak  rendah ini. Sehabis mandi, pengunjung bisa memborong ikan cakalang dan kepiting  bakau yang banyak dijual nelayan di sekitar lokasi pantai.


C. Lokasi

Pantai  Natsepa terletak di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau  Ambon. Pantai ini terletak sekitar 18 km dari pusat Kota Ambon.

D. Akses Menuju  Lokasi

Untuk menuju lokasi pantai dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dengan  harga sekali jalan Rp. 5000. Pantai ini terletak di samping jalan besar, dengan  waktu tempuh dari kota Ambon sekitar 30 menit, dengan jarak tempuh 24 km.

E. Harga Tiket Masuk  Lokasi

Tarif  masuk ke lokasi wisata ini, untuk orang dewasa sebesar Rp. 1.000,- kendaraan  roda dua Rp. 1.000,- dan kendaraan roda empat Rp. 2.000.

F. Akomodasi dan  Fasilitas Lainnya

Objek Wisata ini  menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung antara  lain beberapa shelter yang dapat digunakan sambil menikmati indahnya pantai dan  pemandangan di Teluk Baguala.
Terdapat juga  penyewaan pelampung berupa ban dalam roda mobil dengan harga sekitar Rp 5.000  untuk yang berukuran kecil dan untuk yang berukuran besar (update 2012)

(Hatib Abdul Kadir/wm)
__________
Sumber Foto: (Bee La Vista on Trip/16-19/09/2012)         

0 comments: