Binte Biluhuta, Khas Gorontalo

A. Selayang Pandang

Provinsi Gorontalo terkenal sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jagung  yang berkualitas tinggi tersebut telah menembus pasar di beberapa negara di dunia, seperti Malaysia, Singapura, dan Gambia (Afrika Barat). Selain sebagai komoditi ekspor, jagung yang juga rasanya manis tersebut menjadi bahan utama pada makanan khas Gorontalo yang lazim dikenal  dengan binte biluhuta. Selain jagung, makanan ini juga menggunakan bahan  utama lainnya, seperti ikan tuna, cakalang, tengiri, dan udang. Makanan khas  Gorontalo ini termasuk jenis masakan sup yang rasanya segar, gurih, sehingga sangat  cocok dinikmati pada saat cuaca dingin, terutama bagi mereka yang sedang flu.
Binte biluhuta termasuk  makanan favorit masyarakat Gorontalo. Pada tahun 2005, sebanyak 10 ribu orang makan sup jagung ini secara bersamaan di sepanjang jalan Ahmad Yani hingga  jalan Panjaitan Kota Gorontalo, sehinga kegiatan makan bersama ini tercatat  dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) ke-1.761.

B. Keistimewaan

Kekhasan makanan binte biluhuta terletak pada keragaman rasanya, ada rasa manis, kecut, pahit, dan pedas. Cara penyajiaannya pun berbeda dengan sup-sup lainnya. Pada saat masakan ini disajikan, bumbu-bumbu yang membuat  rasanya berbeda, seperti cabe rawit penyebab rasa pedas, daun pepaya penyebab rasa pahit, dan jeruk nipis penyebab rasa kecut, diletakkan pada wadah yang terpisah. Tergantung selera masing-masing pelanggan mau memilih rasa apa. Jika anda penggemar rasa pedas, boleh menambahkan cabe rawit yang sudah ditumbuk kasar.  Jika anda suka rasa pahit, iris daun pepaya tipis-tipis lalu campurkan ke dalam sup. Begitu pula jika anda ingin rasa kecut, tambahkan perasan jeruk nipis, sehingga anda akan merasakan kuahnya yang kecut segar berpadu dengan krius-krius manis jagung dan harum kemangi.
Meskipun menggunakan bahan utama ikan, makanan khas Gorotalo ini tidak berbau atau terasa amis, karena bau amis tersebut tertutupi oleh rasa kecut,  pahit atau pedas. Santaplah binte bilutuhe ini selagi masih panas.

C. Lokasi

Ketika memasuki Kota Gorontalo, wisatawan tidak akan kesulitan untuk  mencicipi masakan binte biluhuta. Di kota ini, wisatawan dapat menikmati menu sup jagung ini mulai dari warung makan di pinggir jalan hingga di restoran.

D. Harga

Harga binte biluhuta di Kota Gorontalo berkisar antara Rp. 5.000,00 hingga Rp.10.000,00 per porsi.

E. Akses

Untuk menemukan masakan sup ini di Kota Gorontalo tidaklah sulit. Anda  tinggal memilih jenis angkutan yang tersedia di kota ini, seperti bentor (becak  motor), bendi, ojek, mobil mikrolet, dan bus.

F. Akomodasi dan Fasilitas

Jika anda kemalaman dan ingin menginap di Kota Gorotalo, di sana banyak tersedia  penginapan dan hotel.
(Samsuni/wm/29/03-08)
__________
Sumber Foto: kulinerkita

0 comments: